About Competitive Research

-------------------------------

Berdasarkan data Evaluasi Diri dalam Program Penyusunan Rencana Induk Kampus (RIK) Fakultas Hukum UGM Tahun 2015-2040, diketahui bahwa jumlah Dosen di Lingkungan Fakultas Hukum UGM yang telah memiliki publikasi berupa buku teks (buku referensi atau monograf) hanya berada dikisaran 25%, selebihnya 75% dosen di Fakultas Hukum UGM tercatat belum memiliki publikasi buku teks. Data tersebut menunjukan bahwa minat dosen pada bidang penerbitan buku teks masih kurang. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus mengingat Pasal 49 Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan bahwa publikasi buku teks merupakan bagian dari kegiatan penelitian yang akan dikalkulasi sebagai pengembangan karya ilmiah dalam beban kerja dosen. Kewajiban ini bahkan wajib bagi dosen yang sudah berpangkat guru besar atau professor.

Publikasi buku teks ini tidak hanya bermanfaat bagi dosen yang bersangkutan untuk memperoleh angka kredit dalam kepangkatan fungsionalnya sebagai tenaga pengajar, namun juga bermanfaat bagi institusi baik dalam level prodi, fakultas atau universitas dan juga bagi masyarakat. Bagi institusi jumlah publikasi buku teks akan berkontribusi positif dalam mengukur kualitas institusi oleh beberapa lembaga pemeringkat atau dalam proses akreditasi. Sementara bagi masyarakat luas, publikasi buku teks diharapkan dapat memperluas akses masyarakat luas (tidak terbatas bagi mahasiswa di Fakultas Hukum UGM) untuk mendapatkan manfaat dari setiap karya dosen- dosen di Fakultas Hukum UGM untuk menjawab berbagai persoalan yang ada dimasyarakat dan sebagai rujukan pembelajaran bagi mahasiswa dan tenaga pendidik.

Menyadari arti pentingnya publikasi buku teks, Fakultas Hukum UGM melalui Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) FH UGM mengadakan Program Insentif Penerbitan Buku Tahun 2016. Program ini terbuka bagi seluruh dosen FH UGM yang bukunya telah diterbitkan pada tahun 2016 atau akan diterbitkan pada tahun yang sama.

  • Persyaratan Umum
  1. ​Buku yang diajukan harus memiliki kesesuaian tema dengan bidang ilmu hukum yang ditekuni penulis.
  2. Program Insentif Penerbitan Buku akan dilaksanakan mulai 1 Maret 2016 sampai dengan 30 November 2016 atau dapat diberlakukan ke belakang hingga 1 Januari 2014.
  3. Dana Insentif Penerbitan Buku yang dapat diperoleh Pengusul adalah sebesar Rp. 12.500.000,00 per buku.
  4. Usulan yang diterima sebanyak 10 judul buku dengan berdasarkan 10 urutan pertama yang masuk pertama kali ke Unit PPM FH UGM selama rentang waktu program (bukan sistem kompetisi).
  5. Usulan diajukan kepada Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan menjadi kewenangan Unit PPM untuk menentukan atau ada persyaratan standar yang harus dipenuhi.
  • Persyaratan Khusus
  1. Program ini terbuka bagi semua dosen FH UGM (baik dosen PNS/SK Rektor) yang bukunya telah diterbitkan atau akan diterbitkan pada periode 1 Januari - 31 Desember.
  2. Buku yang ditulis secara bersama-sama (Bunga Rampai/Antologi), akan diperhitungkan dengan besaran insentif dibagi dengan jumlah penulis Buku.
  3. Buku tersebut belum pernah mendapat hibah sejenis.
  4. Jenis buku yang dapat diajukan adalah Monograf dan Buku Referensi. Buku ajar, pengayaan pembelajaran atau modul pengajaran tidak dapat diajukan dalam program ini.
  5. Buku Usulan bukan merupakan revisi buku yang sudah terbit, bukan hasil terjemahan atau saduran, dan dengan sendirinya harus bebas dari plagiarisme.
  6. Buku Usulan yang diajukan sekurang-kurangnya memuat: (1) Prakata, (2) Daftar Isi, (3) batang tubuh yang terbagi dalam bab atau bagian, (4) Daftar Pustaka, (5) Glosarium, (6) Indeks.
  7. Buku Usulan adalah buku yang telah terbit atau buku yang akan terbit (dalam bentuk dummy dengan Letter of Commitment dari Penerbit) dan harus telah memiliki International Standard Book Number (ISBN).
  8. Buku Usulan minimal berukuran 15,5 cm x 23 cm (A5), dengan jumlah halaman isi (tidak termasuk halaman pendukung) minimal 100 halaman.

-------------------------------

posted by : admin at 2016-10-15 09:34:24